Mengenal Metaverse, Dunia Virtual dalam Imajinasi Mark Zuckerberg

Akhir-akhir ini pembicaraan berkaitan dengan metaverse memberi warna jagat maya. Ramainya pembicaraan itu ada sesudah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, mengutarakan visinya untuk membuat sebuah dunia virtual namanya metaverse.

Dikutip dari theverge.com, metaverse yang dipikirkan Mark Zuckerberg akan berupa sebuah dunia virtual yang bawa pengalaman dekati dunia riil, tidak cuma sekedar program dan account media sosial yang sama-sama terkait.

Untuk mendatangkan pengalaman yang dekati dunia riil, metaverse Mark Zuckerberg manfaatkan beragam tehnologi baru yang sekarang terkenal.

Dikutip dari investopedia.com, metaverse minimal memadukan lima tehnologi sekalian, yaitu sosial media, games online, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan cryptocurrencies. Ke-5 faktor itu akan memadukan beberapa pemakainya ke sebuah dunia yang interaktif.

Tehnologi AR dan VR akan memiliki peran penting dalam metaverse. VR akan digunakan sebagai instrument mendatangkan dunia virtual secara visual. Dengan memakai VR, penghuni metaverse sanggup melihat faktor visual dari metaverse yang dekati realita.

Selanjutnya AR akan lengkapi VR dengan mendatangkan feature audio dan sensorik yang memungkinkannya penghuni metaverse untuk berhubungan langsung dengan metaverse.

Ide berkenaan metaverse sebetulnya bukan ide yang baru. Dikutip dari wsj.com, metaverse sebetulnya di inspirasi dari beragam film dan novel science fiction, seperti "Ready Player One" (2018) dan "Snow Jatuh" (1992).

Warner Bros, seperti diambil dari wsj.com, menggambarkan metaverse sebagai dunia baru saat dunia manusia dihancurkan oleh climate change.

Berkaitan dengan Facebook, seperti dikutip dari fortune.com, Zuckerberg akan membuat sebuah dunia hologram yang memungkinkannya beberapa pemakai sosial media sama-sama berhubungan seperti di dunia riil.

Sosial media, dengan kehadiran metaverse bukan hanya sediakan feature sama-sama berbalas pesan dan komentar saja, tapi juga visual multiperspektif dan sentuhan yang dirasa riil.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama